Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih
DOI:
https://doi.org/10.58185/j-mestahat.v3i2.109Kata Kunci:
instalasi farmasi, rawat jalan, rumah sakit, kepuasanAbstrak
Salah satu upaya pembangunan di bidang kesehatan adalah peningkatan kualitas pelayanan kefarmasian. Salah satu bentuk pelayanan kefarmasian dirumah sakit adalah pengkajian dan pelayanan resep dan meliputi sarana prasarana instalasi farmasi, komunikasi informasi dan edukasi (KIE), kecepatan pelayanan obat, serta keramahan petugas instalasi farmasi dan sebagai faktor untuk mengevaluasi kepuasan pasien. Salah satu model yang banyak dipakai untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah model SERVQUAL (Service Quality) dengan cara membuat survei penilaian kepuasan pelanggan secara komprehensif bagi pelayanan dibidang barang dan jasa yang mengutamakan aspek pelayanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Cross sectional. Tingkat kepuasan pasien dengan rata-rata presentase interpretasi skor terbesar 73%. Kemudian diikuti dari setiap dimensi yaitu Daya Tanggap (Responsiveness) sebesar 70%, Jaminan (Assurance) sebesar 82%, Empati (Emphaty) sebesar 70%, Kehandalan (Reliability) sebesar 68% dan Wujud Nyata (Tangibles) sebesar 73%. Berdasarkan disposisi direksi No.0168/PMSR/03/2015 nilai 90 menjadi cut off point tingkat kepuasan. Maka rata-rata tingkat kepuasan pasien tidak puas.
Unduhan
Referensi
Akter, M., Fan, L., Rahman, M. M., Geissen, V., & Ritsema, C. J. (2018). Vegetable farmers’ behaviour and knowledge related to pesticide use and related health problems: A case study from Bangladesh. Journal of Cleaner Production, 200, 122–133. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.07.130
Andriani, Medi dkk. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Langit Golden Medika Sarolangun. Indonesian Journal of Pharmaceutical Education 2(1):10-20 http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ijpe/index
Arifiyanti, A. L., & Djamaludin, R. (2017). Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya Tahun 2016. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr. Soetomo, 3(1), 1–14.
Astuti, Niken Kusuma dan Wisnu Kundarto. (2018). Analisis Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit UNS. Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research. 02-84-92. DOI: 10.20961/jpscr.v3i2.22162
Azwar, A. (1996). Pengantar Administrasi Kesehatan (3rd ed.). Binarupa Aksara.
Citraningtyas et.al. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS X Tahuna. JMPF. Vol.10 No.1.
Harijanto, Sugeng (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol.6, No. 2.
Juliawati et.al. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Robert Wolter Monginsidi Manado. Pharmacon. Volume 8 Nomor 4.
Maharani, D. N., Mukaddas, A., & Indriani. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Resep Di Apotek Instalasi Farmasi Badan Rumah Sakit Daerah Luwuk Kabupaten Banggai (The Analysis Of Patient Satisfaction Impact Towards The Quality Of prescription Service In Dispensary Of Phar. GALENIKA Journal of Pharmacy, 2(2), 111–117.
Mahendro, et.al. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. J. Islamic Pharm Volume 7 (2); p86-93. DOI: 10.18860/jip.v7i2.17455
Malinda et.al. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. Jurnal Medika Malahayati. Vol. 7 No. 1 479-490.
Mulyani, E. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangkaraya. Jurnal Surya Medika, 2(2), 64–75. https://doi.org/10.33084/jsm.v2i2.361
Novaryatiin, S. et al. (2018). 258508-Tingkat-Kepuasan-Pasien-Terhadap-Pelayan-13B3250D. TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD Dr., 1(1), 22–26.
Nuzul, Raudhatun ZA et.al. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Cut Nyak Dhien Aceh Barat. Journal of Healthcare Technology and Medicine. Vol.8 No.1.
Pontoan, Jenny dkk. (2020). Tingkat Kepuasan Psien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Marinir Cilandak Jakarta. Jurnal Ilmiah Manuntung. 6 (1), 41-48.
Setiani, et.al. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi di Rumah Sakit Kartini Rangkasbitung. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. Volume 5 Nomor 2.
Susanto et.al. (2021). Analisis Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. Pharmacy: Jurnal Farmasi Indonesia. Vol.18 No.01:10-20.
Sutrisna EM et.al. (2008). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan di Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sragen. Pharmacon. Vol 9 No. 2 (57-67).
Yulyuswarni. (2014). Mutu Pelayanan Farmasi untuk Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Swasta. Jurnal Keperawatan. Volume X, No.1 110-115.
Yuswantina et.al. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. Indonesian Journal of Phramacy and Natural Product. Vol. 03, Nomor 02, 59-68.




